Audio Stuff And News

Thursday, December 14

9 APPS DAW menarik untuk Recording



Bukan rahasia lagi.
Ketika workstation audio digital (DAWs) 
mulai beredar di pasaran, rekaman audio, editing, mixing dan create menjadi lebih mudah diakses.
Sejak saat itu, pasar perangkat lunak perekaman telah tumbuh secara eksponensial. Inovasi komputasi dan desain telah mendorong program DAW ke bidang penciptaan yang tak terbayangkan.
Entah Anda baru memulai trek, atau akan mencapai tahap penguasaan terakhir, Anda akan memerlukan perangkat lunak rekaman musik yang bagus di beberapa titik dalam proses Anda.
Panduan ini akan memberi Anda semua yang Anda butuhkan untuk memilih yang terbaik untuk Anda.

Apa itu DAW?

 Workstation audio digital ( DAW ) adalah perangkat keras atau aplikasi perangkat lunak yang digunakan untuk menulis, memproduksi, merekam, mencampur dan mengedit audio seperti musik, ucapan dan efek suara. DAWs memfasilitasi pencampuran beberapa sumber suara (track) pada grid berbasis waktu.

Apa DAW yang terbaik untukmu?

Jika Anda memulai dengan sesuatu yang maju dan menyelam di kepala terlebih dahulu, mudah berkecil hati. Jadi mulailah sederhana.
Selalu bertanya pada diri sendiri 'apa yang ingin saya buat?' Biarkan DAW Anda menjawab pertanyaan itu. Jika DAW Anda tidak cukup kuat untuk menjawabnya lagi, maka saatnya untuk beralih ke DAW baru.
Setiap orang memiliki pendapat tentang perangkat lunak perekaman mana yang terbaik. Tapi satu-satunya pertanyaan yang penting adalah 'mana DAW yang terbaik untukmu?'
Jadi, lakukan penelitian Anda dan pelajari sendiri perangkat lunak DAW yang tersedia. Jelajahi fitur dan coba beberapa uji coba gratis.

Daftar Periksa Perangkat Lunak Perekaman Musik

Sebelum kita masuk ke DAWs spesifik ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.
Apakah Anda mencari perangkat lunak perekaman gratis? Pergi untuk pilihan gratis akan membatasi pilihan DAW Anda, tapi Anda bisa menemukan perangkat lunak perekaman gratis di luar sana. Mereka sempurna karena baru memulai.
Jika Anda berencana menginvestasikan sejumlah uang ke DAW, Anda harus tahu persis apa yang bisa dilakukan sebelum membeli.

Coba DAW gratis dulu

Banyak DAW menawarkan langganan bulanan untuk layanan mereka atau uji coba gratis. Gunakan mereka dan uji kemampuan sebelum Anda membeli.
Percobaan gratis adalah teman terbaik Anda dalam hal memilih DAW yang tepat. Jadi, gali ke dalam setiap perangkat lunak pembuatan musik dan buat keputusan yang tepat saat membeli.
Ingat bahwa DAW Anda harus memberi Anda ruang untuk tumbuh. Jangan memilih sesuatu yang sudah Anda anggap sebagai artis hanya karena harganya lebih murah.

Setiap Software Rekaman Musik yang Perlu Anda Ketahui

Sekarang Anda tahu apa yang harus dicari di DAW, mari kita lihat beberapa perangkat lunak rekaman terbaik di luar sana dan bahas beberapa fitur.

Panduan ini akan memberi Anda fakta yang Anda butuhkan untuk memilih DAW yang tepat. 

 1. Bitwig

Bitwig baru dalam adegan produksi produksi musik. Bitwig adalah perangkat lunak produksi musik yang hebat.

Studio Bitwig diluncurkan pada tahun 2014 setelah masa uji coba yang ekstensif. 

Yang berarti bagus sebelum bahkan keluar. 


 

 

 

 

Tata letak dan alur kerja yang mirip dengan Ableton Live-Bitwig ini diciptakan oleh mantan pengembang Ableton.

Tapi setelah menggunakannya lebih jelas, Bitwig telah mengubah nuansa dan fungsionalitas keseluruhan. Yang tersisa adalah DAW yang berbeda dan mampu yang memperbaiki Ableton dalam banyak hal.
Bitwig menawarkan pengaturan akrab dan jendela pencampuran yang khas untuk kebanyakan DAW.
Tapi susunan dan jendela pencampuran berisi tampilan proyek utama yang dikelilingi oleh panel pengeditan akses yang mudah. Hal ini memungkinkan alur kerja yang lancar saat beralih antara pencampuran, pengaturan dan pengeditan tugas.
Secara keseluruhan Bitwig menawarkan yang terbaik dari semua dunia. Mudah dipelajari jika Anda baru memulai dengan perangkat lunak perekaman dengan banyak ruang untuk tumbuh.
Meskipun usia muda, kualitas Bitwig telah melampaui banyak DAWs yang telah mapan. Ini adalah perangkat lunak perekaman yang serius yang hanya akan menjadi lebih baik di versi masa depan.

  • Fitur Bitwig Favorit kami
Bitbox VST 'Sandboxing' memastikan bahwa tidak ada plug-in yang menyela atau menunda proyek Anda saat Anda sedang menciptakan. Itu berarti komputer Anda tidak akan membeku hanya karena Anda menjalankan plugin synth.
Setiap VST berjalan secara independen sehingga Anda dapat menjalankan semua plugin favorit Anda secara berdampingan tanpa masalah latensi.
Ini bagus untuk menurunkan penggunaan CPU saat Anda mengerjakan proyek. Dan memastikan bahwa Anda tidak menabrak proyek Anda karena ada sedikit plug-in.
 
Coba Bitwig disini


2. Studio One 3

Studio One 3 adalah raksasa DAW. Mereka menggambarkan perangkat lunak mereka sebagai 'alat produksi dan desain suara yang paling inspiratif.' Terus terang, kita tidak bisa benar-benar tidak setuju sama sekali.
Ruang kerja Studio One 3 keseluruhan dirampingkan dan mudah dinavigasi. Alur kerja membuatnya mudah untuk pergi dari DAW kosong ke sesi campuran penuh dengan cepat. Dan kemampuan pengeditan membuatnya sempurna untuk menguji ide dengan cepat.










Antarmuka bahkan layar sentuh dioptimalkan sehingga Anda bisa menavigasi
sesi Anda di layar mana pun dengan kemampuan sentuh.
Ditambah lagi, dikemas dengan satu ton suara dan instrumen pre-loaded tepat di dalam DAW-semua yang Anda butuhkan untuk membuat gagasan Anda menjadi cepat dan efektif.
Keseluruhan Studio One 3 memberikan keseimbangan sempurna antara aksesibilitas dan kekuatan yang membuatnya menjadi DAW yang sempurna untuk tumbuh sebagai produser.



  • Fitur Satu Studio Favorit Kami 3
Studio One 3 memiliki fitur bagus dan berguna yang disebut Scratch Pads. Mereka memungkinkan Anda membuat sketsa cepat gagasan yang mungkin Anda tarik dan lepaskan ke proyek Anda.
Mereka menduplikat area campuran Anda dalam panel samping yang mudah digunakan. Terapkan efek, EQing atau hal lain yang ingin Anda uji sebelum Anda benar-benar memasukkannya ke dalam campuran.
Ini sangat cocok untuk mengetahui bagaimana suntingan akan terdengar dengan cara yang tidak merusak.
 
Cobalah Studio One 3 di sini


3. Cakewalk Sonar Platinum

SONAR Platinum adalah salah satu software produksi terbaik di pasaran. Sejak diluncurkan awal tahun 1991, SONAR telah berkembang menjadi perangkat lunak DAW yang ekstensif dan hebat.
Antarmuka SONAR Platinum disebut Skylight dan dipisahkan menjadi 5 area yang mudah dinavigasi. Setiap wilayah dapat dipindahkan atau disembunyikan tergantung pada apa yang sedang Anda kerjakan. 










  • Fitur Sonar Favorit kami
Fungsi 'Paint with MIDI' SONAR sangat berguna untuk penulisan.
Anda dapat memilih kinerja MIDI dan 'melukis' dengan sisa jendela pengaturan. Ini bagus untuk menyisipkan beberapa loop, duplikasi batch, dan mengulangi kejadian MIDI tertentu.
Coba disini


4. Ableton Live 9

Ableton telah menetapkan patokan dalam hal perekaman perangkat lunak.
Perangkat lunak Live 9 mereka digunakan di semua tempat dalam produksi musik.
Ableton Live adalah alat perekaman dan pengeditan yang hebat untuk para musisi dari semua tingkat keahlian.
 
Awalnya diluncurkan pada tahun 2001, Live sekarang berada di versi ke-9.
Jadi Anda bisa membayangkan bahwa sebagian besar fitur dipikirkan dengan baik pada saat ini-dan memang begitu. Dasar 'mengatur' dan 'sesi' pandangan utama mudah diikuti dan secara intuitif terkait untuk memudahkan pengeditan dan penyusunan.




 





kemasan suara yang luas, efek dan instrumen mudah diakses melalui panel jelajah yang mudah digunakan. Yang penting mengingat betapa banyak alat yang menakjubkan yang sudah ada di Ableton Live.
 
Ableton bersinar sebagai platform yang dapat diakses dan ekstensif dalam hal yang memungkinkan Anda melakukannya. Ini bisa menjadi langkah awal untuk memproduksi atau membuat mixing suite penuh untuk hasil profesional.
Tidak masalah apa yang Anda gunakan untuk itu jelas untuk melihat mengapa Ableton Live menikmati pengikut yang begitu besar dan setia seperti DAW yang harus digunakan di semua genre musik.

  • Fitur Favorit Ableton Live 9 kami
Meskipun bukan fitur layar sebenarnya, controller Ableton Push 2 mungkin merupakan perangkat keras khusus DAW yang paling kuat di pasaran-kami menyukainya.
Dengan 64 tombol yang sensitif tekanan dan cengkraman keseluruhan tombol, tombol, dan pengendali yang dapat diprogram dan dapat disesuaikan, Push 2 adalah unit impian setiap produser.
Push 1 asli dibuat khusus untuk Ableton yang tinggal oleh para jenius di Akai. Push 2 dibangun di rumah oleh Ableton. Keduanya sesuai dengan alur kerja Ableton Live.
Sejauh yang kita tahu, ini adalah pertandingan yang dibuat di surga produksi.
 
Cobalah Ableton Live disini



5. Alasan Propellerhead 8

Versi salah satu dari Propellerhead's Reason diluncurkan pada tahun 2001. 
Sekarang di versi 8, Reason tetap menjadi salah satu DAW 
yang paling banyak digunakan di pasaran dan telah membangun pengikut setia produsen.
Alasan 8 ruang kerja berpusat di sekitar tampilan 'Rak'. Modul, prosesor dan instrumen dapat ditambahkan ke rak dari browser untuk pengambilan sampel, pengaturan, dan pengeditan sederhana.






















Dengan 13 tahun pembangunan di bawah ikat pinggangnya, Reason menyediakan tumpukan instrumen, otomasi, satu tembakan suara dan loop.
Tapi kemampuan VST mereka adalah setelan kuat mereka. Alasan menawarkan beberapa instrumen virtual terbaik di luar sana.


  • Fitur Alasan Favorit kami
Alasannya adalah DAW. Tapi itu juga bisa digunakan sebagai rak instrumen mandiri untuk DAW lain juga.
Ini berarti bahwa Anda dapat menggunakan kemampuan Rack Alasan untuk instrumen dan prosesor rantai bersama untuk digunakan di DAW lainnya.
Jadi Reason bisa digunakan sebagai workstation produksi musik atau sebagai pendamping instrumen VST untuk perangkat lunak perekaman lainnya. Alasan keseluruhan adalah surga tweaker serbaguna.
 
Cobalah Alasan di sini

6. PRO TOOLS 12

Avid's Pro Tools adalah grand-daddy dari DAWs. Ini dianggap sebagai standar industri untuk produksi profesional. Jika Anda mendengarnya di radio, kemungkinan itu sudah melalui Alat Pro di beberapa titik.
 
Versi pertama Pro Tools dirilis pada tahun 1991. Ini menawarkan 4 lagu dan dijual seharga $ 6.000. Tak perlu dikatakan lagi, ini datang jauh sejak saat itu.





  







 Alat Pro sekarang ada di versi ke-12 dan menyediakan setiap alat yang Anda butuhkan untuk setiap langkah proses produksi Anda. Sementara kurva cukup tinggi untuk mempelajari semua seluk beluk perangkat lunak, sebenarnya tidak ada DAW lain di pasar yang menyaingi kemampuannya itu.
Alat Pro menggunakan tampilan 'Edit' dan 'Mix' sebagai jendela utamanya. Data MIDI dapat ditambahkan dengan menggunakan peran piano atau score windows.
Jendela campuran menampilkan tata letak fader yang sudah dikenal dimana berbagai pemrosesan dan otomasi dapat diterapkan. Tata letak ini nampaknya telah mempengaruhi semua layout DAW sejak saat itu.
 
Pada tahun 1999-jauh sebelum kebanyakan DAW lainnya ada - Living La Vida Loca oleh Ricky Martin masuk ke nomor satu. Ini menjadi lagu pertama yang tercampur seluruhnya di Pro Tools untuk mencapai puncak tangga lagu.



  • Fitur Alat Pro Favorit Kami
Pro Tools Pertama sebenarnya bukan fitur Pro Tools. Ini lebih dari sebuah versi. Tapi itu penawaran baru favorit kami dari kamp Alat Pro.
Ini adalah versi starter dari Pro Tools yang benar-benar bebas untuk dicoba.
Alat Pro Pertama membatasi beberapa fungsi yang didapatkan pengguna dengan versi lengkap. Tapi ketika sampai pada sebuah program yang sehebat dan komplek seperti Pro Tools, itu bagus.
Pro Tools Pertama memiliki tiga proyek maksimum dan membatasi sesi menjadi 16 lagu. Itu membuat alur kerja Alat Pro lebih mudah diakses dan lebih mudah untuk membungkus kepala Anda.
Jika Anda tertarik untuk mengembangkan keterampilan teknik audio Anda di masa mendatang, Pro Tools DAW adalah sesuatu untuk dilihat. Pro Tools Pertama membuatnya sedikit lebih mudah - dan lebih murah - untuk memulai.
 
Coba Alat Pro Disini


7. Steinberg Cubase Pro 8

Cubase Steinberg berjalan kembali ke tanah sebelum DAW modern. Versi 1.0 tersedia untuk Atari ST pada tahun 1989.
Sekarang di versi 8.5, ini terlihat banyak versi dan redesain besar. Ini tetap menjadi salah satu software produksi musik yang paling banyak digunakan dan dihormati.

 Cubase 8.5 adalah DAW berfitur lengkap dengan fungsi diperluas yang dikemas dengan tumpukan plugin built-in.
Ini melayani alur kerja profesional tapi jangan biarkan hal itu menakut-nakuti Anda: antarmuka intuitif dan mudah digunakan dengan banyak fitur canggih untuk pengguna super-ultra-power.
Cubase juga melompat ke awan dengan layanan kolaborasi awan DAW-sentris VST Transit. Ini memungkinkan pengguna untuk bekerja dengan mulus dari lokasi manapun dan berkolaborasi dengan siapa pun yang berbagi platform yang sama.









  • Fitur Cubase Favorit kami
Ekspresi VST memulai debutnya di Cubase 5 namun telah diperbarui secara signifikan selama ini.
Ini memungkinkan Anda memprogram otomatisasi masing-masing catatan secara terpisah. Ini memberikan track Anda lebih detail dan menambahkan karakter.
Ini bisa diharapkan dari perusahaan yang menciptakan teknologi sequencing VST dan MIDI yang masih digunakan sampai sekarang.
 


8. FL Studio

FL (Fruity Loops) Studio adalah favorit besar di antara banyak produsen akhir-akhir ini.
FL Studio pertama kali diluncurkan pada tahun 1997 oleh pengembang perangkat lunak Image-Line sebagai program MIDI saja-namun sejak saat ini telah melihat 12 versi yang semakin kuat.
Versi 12 menawarkan antarmuka ulang dan terukur penuh yang mendukung multi touch permukaan secara ekstensif. 











Ini datang standar dengan berbagai plugin asli termasuk synths, samplers 
dan efek virtual unit serta dukungan penuh untuk VST, VST2, VST3, DX , dan ReWire .
Penampilan FL Studio mengikuti pengaturan standar dan tampilan kinerja; Data musik bisa disusun dengan menggunakan Piano roll atau Step Sequencer.
Kekuatannya terletak pada aksesibilitas dan ketahanan workstation dengan banyak seniman yang memuji betapa cepat dan mudahnya meletakkan gagasan.
Image-Line juga menawarkan update seumur hidup gratis untuk program ini. Itu berarti jika Anda membeli sekali Anda akan memiliki akses ke setiap versi dari sekarang sampai selamanya.


  • Fitur Studio FL favorit kami
Sytrus adalah operator softfat FM 6 yang sangat bagus dari FL. Telah hadir standar dengan FL Studio sejak versi 4.5.
Meski sintesis FM bisa sedikit mengunyah, Sytrus membuat prosesnya mudah dan memuaskan untuk dijelajahi. Sytrus membantu Anda memahat suara serbaguna dan mengerikan.
Ini adalah synth sempurna untuk perjalanan panjang ke sonik yang tidak diketahui-sangat dianjurkan.
 


9. REAPER

REAPER (Lingkungan Cepat untuk Produksi Audio, Teknik, dan Rekaman) 

berasal dari pengembang yang sama dengan perangkat lunak 
WinAmp dan jaringan peer-to-peer Gnutella.
Ini adalah DAW yang kuat, komprehensif dan adaptif tanpa kompromi teknik apapun.
Produk ini dilengkapi dengan percobaan 60 hari gratis, 
sementara lisensi individual akan membuat Anda 60 dolar 

Antarmuka adalah jendela pengaturan multi-track linier pada garis waktu. Tampilan pengaturan menawarkan item media yang mudah dipindah-pindahkan.













Tidak ada jenis trek di REAPER - setiap lagu yang Anda buat dapat melakukan apapun yang Anda butuhkan (audio, midi, video, bussing) - yang membuat pengaturan super sederhana.

REAPER adalah pilihan terbaik jika Anda baru memulai atau jika Anda memusatkan perhatian pada DAW selama Anda dapat mengingatnya.
 
Pemula hanya bisa merekam dan mematikannya. Sementara pengguna berpengalaman bisa terjerat dalam matriks routing REAPER atau menggunakan ReaScript untuk memprogram apapun dari makro ke ekstensi berfitur lengkap.

  • Fitur REAPER Favorit kami
Reapers fitur terbaik adalah antarmuka yang dapat disesuaikan sepenuhnya. Perintah utama, toolbar, menu dan perilaku mouse semuanya dapat disesuaikan dengan keinginan Anda.
Jika Anda berasal dari DAW lain dan Anda terbiasa dengan alur kerja tertentu, jangan takut Reaper. Ini bisa menyesuaikan diri dengan Anda.
 

sumber : www,LANDR.com


No comments:

Post a Comment

loading...